Produk-produk JTBDealer-dealer JTB di luar Jakarta

Halaman mukaPengaduan kerusakan, konsultasi & saranPekerjaan-pekerjaan yang dikerjakan JTBMemesan/order produk JTBAnda bertanya, kami menjawab

Tanya & Jawab


Last update: 16th September 2010

Untuk berkonsultasi / mengajukan pertanyaan atau kesan dan menyampaikan saran, dapat dilakukan dengan mengisi formulir pada link Pengaduan. Jawaban / saran / kesannya akan dimuat pada halaman Tanya & Jawab ini, sehingga dapat dinikmati oleh seluruh pengunjung.

 

Kesan

Tiada pengaduan hanya hanya menuturkan kepuasan dengan produk elektronik buatan dalam negeri yaitu JTB khususnya Ty JAD 410 ,Bravo and sukses selalu untuk JTB Elektronik

Bogi (15-09-2010)
Perum Permata Hijau, Bekasi.

 

Kesan

Untuk teman-teman yang tidak puas dengan sound systemnya, boleh juga dicoba produk ini.

-----Original Message-----
From: Runtuwene, Reza E
Sent: Monday, February 09, 2004 3:23 PM
To: Setiono, Agus; Widjanarko, Bambang2
Cc: 'yoe@jtbindonesia.com'; Prastianto, Andri; Antonio, Wakky; Haries,
Daeng; Setiawan, Herry; Hertadi, Bambang; Peetosutan, Tigor; Wibisono,
Gunarto; Endar Muda, Thya; Lutfi, Ivan; Pitoy, Maudy; Putong, Hanny Jan;
Cahyawati, Sheba; Paskayati, Sunu; Suryadi, Epi; Ladinegara, Hengki;
Rusly, Rusvandy; Andrianto, Rony; Atmodjo, Andi A; Budiarti, Elsa
Kristin; Graha, Arthur; Handoko, Adipramono; Hartoko, Catur; Hasan,
Jauhari; Hendardi, Duriyat; Hutabarat, Darwin; Hutabarat, Franky; Iman,
Albertus Teguh; Kurniawan, Dani; Sawung, Daud
Subject: Speaker JTB


Agus dan BW,

Masih inget speaker JTB. FYI gw sangat puas dgn after salesnya krn kemarin speaker gw rusak yang kanan, setelah telpon mereka langsung datang dan diganti mother boardnya, cuman 10 menit selesai. Sekarang speaker gw yang 11 tahun lalu dibeli sudah oke lagi dan bunyinya masih gelegar. Mereka juga demo new product karoke system, oke banget suara gw jadi merdu, tp harganya mahal 2,8 jt.

So simpan no telp ini kalo ada problem, JTB 88951967 HP 0811 196974, dengan Yoe Tjioe Boen, or
www.jtbindonesia.com


Reza (09-02-04)
Bintaro Jaya, Jakarta-Selatan

 

Kesan dan Saran

Angkat Topi untuk JTB , karena produknya hasil tangan putra-putri Indonesia yg mau dengan gigih dapat menciptakan suatu perangkat Speaker System Yg Handal dan tidak kalah dengan kualitas speaker ternama lainnya.... Dimana dalam membuat produknya di teliti sedemikian rupa sehingga kualitas yang diberikan sangat memuaskan bagi para konsumennya.
Sebagai saran untuk JTB agar tidak menyerah dalam menciptakan kreasi-kreasi yang terbaru walaupun itu merupakan tantangan terberat dimana untuk mencapai itu harus mempunyai keberanian dan kegigihan dalam berkarya.
Dan Saya sebagai Audio Mania menilai untuk saat ini JTB merupakan "AUDIO-SPEAKER SYSTEM" yg High End Quality yang dapat di sejajarkan dengan audio speaker system yang ternama yang ada di ZAMAN INI  Salut buat Anda sekalian...
Dan Agar menjadi besar, supaya Pihak JTB meningkatkan "PROMOSI-nya" kepada khalayak ramai mengenai produknya dengan mengikuti Pameran-pameran yang ada Di JHCC atau lainnya ....
Terima Kasih....

Dedy-Coslet (07-07-2002)
Duren III, Jakarta Selatan

Jawaban: Terima kasih banyak atas saran, petunjuk dan dorongan morilnya. Dorongan moril yang Bapak sampaikan sangat berguna sekali agar kami lebih dapat mengembangkan dan berkreasi dalam bidang teknologi khususnya sound system ini. Kami ingin sekali dapat berperan di bidang sound system ini dinegeri sendiri, Indonesia. Sangat kami sayangkan bila kesempatan yang ada di negeri ini dalam hal kebutuhan produk sound system memakai produk luar negri. Dengan memilih produk dalam negeri yang baik berarti turut serta mencerdaskan anak bangsa dengan memberikan kesempatan untuk berperan dan mengevaluasi produk-produk yang dipakai. Kami akan selalu mengembangkan produk-produk yang ada berdasarkan hasil evaluasi tsb dan berkreasi untuk menghasilkan produk yang baru. Semoga petunjuk ,dorongan moril dan doa restu yang Bapak berikan akan membuat JTB berkembang. Terima kasih banyak.

_________________________________

 

RSA-899, Pro Theater Surround System

1. Saya punya DVD player yang built-in Dolby Digital & DTS decoder dengan output 5.1 channel. Jika dihubungkan dengan RSA-899, apakah output suaranya juga akan 5.1 channel dan apakah inputnya melalui coaxial atau digital?
2. Jika saya telah memiliki JAD-410, apakah ada rencana untuk menjual paket RSA-899 & ASW-250 dengan harga khusus?
3. Apakah ada modul remote control untuk dipasangkan pada JAD-410? Berapa biayanya?

Nasrul (12 Agustus 2001)
MH Thamrin, Jakarta-Pusat

Jawaban: RSA-899 sudah mempunyai fasilitas sistim 5.1. Walaupun playernya sudah mempunyai output 5.1 dihubungkan dengan RSA-899, bila belum dilengkapi dengan ASW-250, Active Super Subwoofer sistimnya masih 5.0. Agar supaya lebih jelas pengertian tentang sistim 5.1, silakan baca halaman ''Tanya & Jawab'' ini dengan judul: Meningkatkan Kwalitas JAD-410 Dengan RSA-899 & ASW-250 dan Manfaat Subwoofer.
Input yang dihubungkan ke RSA-899 yang berasal dari player menggunakan coaxial atau shielded wire.
Karena harga yang ditetapkan oleh JTB merupakan harga yang terendah sehingga tidak memungkinkan menjual dalam bentuk paket.
JTB tidak menjual modul remote control untuk JAD-410, karena dari jauh sebelumnya kami telah merencanakan untuk membuat Pro Theater Surround System, RSA-899 yang menggunakan remote control. Sehingga bila JAD-410 dilengkapi dengan RSA-899 akan memjadi suatu sistim remote control penuh.

_________________________________

 

RSA-899 dan Dealer di Bandung

kenapa pada amplifiet RSA 899 tidak disediakan masukan  5.1 untuk keluaran dari Dolby Digital, DTS , dan MPEG 5.1 Multichannel  agar lebih lengkap lagi.Kapan buka dealer di Bandung???

Iwan (24 Juli 2001)
Bandung

Jawaban: Kami membuat Surround System RSA-899 memang khusus menggunakan decoder Surround ''Pro Theater System''  yang merupakan rancangan khusus JTB baik mengenai software(program microcontroller) maupun hardwarenya, sehingga kami tidak menyediakan fasilitas tersebut.
Mengenai dealer di Bandung, kami belum dapat memanage secara langsung mengingat jarak yang jauh tetapi apabila ada yang berminat menjadi dealer JTB, kami sangat mendukung berdasarkan saling menguntungkan.

_________________________________

 

Bunyi ''Duk'' Pada Saat Power ON

Bunyi transient (bunyi "duk") pada speaker pada saat driver dihidupkan atau dimatikan yang ingin saya hilangkan karena khawatir akan merusak speaker ini. Kapasitor 0,1 mikrofarad/220V dihubungkan paralel dengan switch power. Pertanyaan saya: bisakah hal ini diterapkan di JAD-410? Kalau bisa, bagaimana caranya?
By the way, RSA-899 menggunakan sistem surround apa?
Terima kasih sebelumnya.

Awal (17 Juli 2001)
Pondok Pinang, Jakarta-Selatan

Jawaban: Apa yang Bapak kemukakan sebenarnya sudah diantisipasi oleh JTB. Bila unit Bapak demikian bearti unit Bapak itu punya masalah. Untuk mengantisipasinya sulit untuk dijelaskan karena harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Kami menyarankan bila Bapak membutuhkan pelayanan service dari kami, mohon untuk mengisi formulir pengaduan kembali pada website JTB sehingga teknisi kami akan datang ke tempat Bapak.
Surround System JTB type RSA-899 sudah menggunakan konsep Dolby Surround Prologic, THX dan warna suara AC-3. Oleh karena istilah-istilah tersebut adalah hak paten dari perusahaan lain, istilah-istilah tersebut tidak dapat dipakai pada katalog JTB.

_________________________________

 

Kerusakan Pada JAD-410

Saya telah memiliki JAD-410 selama sekitar 7 tahun. Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan:
1. Setiap kali saya hidupkan dan/atau matikan unit drivernya, hampir selalu ada bunyi "duk" di speaker, padahal potensio volume, bass & trebel dalam posisi minimum. Apa sebabnya dan dapatkah diperbaiki? Apakah dapat merusak speaker?
2. Jika potensio volume, bass atau trebel diputar, ada bunyi "kresek-2" di speaker dan kadang-2 suara hilang di salah satu speaker, terutama pada volume kecil. Saya sudah semprotkan Philips contact cleaner tapi tidak ada perubahan. Apa sebabnya dan bisakah diperbaiki?

Terima kasih sebelumnya.

Awal (09 Juli 2001)
Pondok Pinang, Jakarta-Selatan

Jawaban: Berdasarkan pengaduan Bapak diatas untuk problem No.1, kemungkinan ada kesalahan sambung pada kabel listrik Active Speaker JAD-410. Kabel listrik tsb kemungkinan disambung langsung ke stop kontak listrik, pada hal kabel listrik Active Speaker JAD-410 harus disambung ke belakang unit Driver JAD-410. Dengan kata lain listrik untuk Active Speaker JAD-410 harus disupply dari Driver.
Untuk pngatur Volume, Balance, Bass & Treble adalah komponen elektronik yang kerjanya ada unsur gesekan mekanis yaitu pengatur-pengatur tsb sering diputar-putar. Gesekan akan menyebabkan keausan pada bagian lapisan carbon di dalam pengatur tsb yang semakin lama akan semakin tipis. Oleh karenanya komponen-komponen tsb mempunyai masa pakai kurang lebih 2 tahun. Problem No.2 yang Bapak hadapi adalah akibat dari proses kerusakan tersebut. Keausan lapisan Carbon tidak dapat diatasi dengan cara disemprot dengan Contact Cleaner. Penyemprotan tsb malah akan menyebabkan lapisan carbon akan semakin tipis sehingga keadaannya akan semakin parah.
Saran dari kami adalah mengganti keempat pengatur tsb dengan yang baru. Apabila Bapak membutuhkan pelayanan perbaikan tsb dari kami, mohon informasikan nomor telpon atau Hp Bapak agar kami dapat mengkonfirmasikan kedatangan kami ke tempat Bapak.

_________________________________

 

Kesan Dan Membersihkan Cone Woofer JTB

Sudah 8 tahun saya menggunakan JAD-10, beberapa bulan lalu masalah suara suka hilang. Saya kontak JTB, ternyata dibantu dg baik dan ketahuan cuma masalah kontak relay yg tdk bersih. Kuat juga JAD-10.
Mau tanya, woofernya kayak nempel jamur saya bersihkan dg sangat hati2 pakai kuas tdk mau bersih. Saya lihat conenya bukan dari kertas murni, jadi saya coba dg kain lembab dan berhasil. Apakah dg kain lembab bisa mengurangi mutu woofernya?

Ivan (04 Juli 2001)
Tanah Tinggi, Jakarta-Pusat

Jawaban: Dibersihkan dengan cara itu tidak akan merubah kwalitas suara karena cone JTB terbuat dari polypropilin yang tahan terhadap air, usahakan jangan sampai menyentuh dengan keras pada pinggiran ring konis. Untuk woofer JTB, pinggiran ring konisnya mempunyai masa pakai/life time yang pada suatu saat akan regas dan rapuh. Untuk lebih jelasnya mengenai ulasan ini dapat dicari dan dilihat pada halaman ini.

_________________________________

 

Kerusakan Pada Ring Luar Woofer JAD-410

Lingkar luar (terbuat dari semacam karet warna hitam)dari woofer speaker robek-robek, apakah bisa diperbaiki ?

Suherman (30 Juni 2001)
Kolintang, Tangerang.

Jawaban:
Lingkar luar woofer JTB type JAD-410 terbuat dari form bukan karet. Ring yang terbuat dari form mempunyai kwalitas bass yang sangat baik, rendah dan lembut. Sedangkan yang terbuat dari karet mempunyai kwalitas bass yang keras. Ring luar yang terbuat dari form mempunyai masa pakai/life time kurang lebih 4 tahun dan setelah itu akan regas dan rapuh. Semakin sering dibunyikan akan mempunyai masa pakai yang lebih lama (karena akan membuat tidak regas). Untuk ring luar woofer yang robek tidak dapat diperbaiki atau diganti ring luarnya saja, dalam arti bahwa bila diganti ring luarnya saja akan mempunyai kwalitas suara 60% dari standard woofer yang baru terutama pada saat menghasilkan bass, suaranya akan sember/distorsi. Ring luar dari woofer mempunyai fungsi untuk menempatkan/memegang silinder voice coil agar dapat bergerak kian kemari tanpa bergesekan pada dinding celah/gap. Voice Coil adalah komponen kumparan dari speaker pada bagian dalam yang bergerak kian kemari di dalam celah/gap sebesar kurang lebih 2mm sesuai dengan frekwensi musik. Oleh karenanya apabila penggantian ring woofer tidak dikerjakan dengan alat yang presisi akan membuat voice coil bergesekan dengan dinding sehingga akan menyebabkan suara menjadi sember terutama pada suara bass. Disamping itu apabila jenis bahan ring luar yang menggantikannya tidak sama dengan aslinya akan membawa dampak yang besar terhadap kwalitas suara. Oleh karenanya untuk ring luar woofer yang robek kami menyarankan untuk mengganti woofernya dengan yang baru. Dengan mengganti ring luarnya saja tanpa disadari akan mengurangi kwalitas suara standard JAD-410 yang pada akhirnya nanti JAD-410 yang telah dimiliki tidak mempunyai kwalitas suara JAD-410 yang standard.

_________________________________

 

Meningkatkan Kwalitas JAD-410 Dengan RSA-899 & ASW-250

Saya memiliki JAD 410, bagaimanakah mutu suara jika seperangkat tersebut ditambah dengan subwofer ASW 250?
Perlu di catat bahwa saya sangat menyukai jenis musik Jazz, untuk meghasilkan suara yang alami seperti layaknya saya menyaksikan life musik, kiranya anda dapat memberi suatu masukan untuk saya...
JAD 410 saya miliki sejak tahun 1994, ketika show room anda masih ada di Atrium Senen.
Terimakasih.


Anto (29 Juni 2001)
Kebun Kelapa, Jakarta-Timur.


Jawaban:
Menikmati musik dengan sistim stereo seperti halnya dengan JAD-410, suara dinikmati  hanya dari satu arah sumber yaitu kedua speaker kiri & kanan yang terdapat di depan kita. Pada saat kita menikmati  suara musik suatu konser atau terjadinya suatu adegan sesungguhnya, suara datang dari segala sumber sampai ke telinga yaitu suara langsung yang dari sumber suara dan suara pantulan dengan benda-benda sekelingnya dari segala arah.Sehingga pada saat kita menikmati konser atau live show, kita akan terasa diselimuti oleh suara musik. Untuk adegan film, suara itu bisa datang/muncul dari segala arah sesuai dengan adegan film itu, misalkan suara pesawat yang datang dari belakang dsb.
Untuk mensimulasikan keadaan tsb, baik pada saat menikmati musik atau vidio/film seperti yang dijelaskan diatas, maka kami membuat Pro Theatre Surround System type RSA-899 yang spesifikasi lengkapnya dapat dilihat pada website JTB ini. RSA-899 ini pemakaiannya digabung dengan JAD-410, dimana kedua speaker JAD-410 berfungsi sebagai Front Speaker. Pada system RSA-899 dilengkapi dengan 3 unit speaker yaitu 2 unit Real Speaker jenis Dipole/THX (dua muka) dan satu unit Center Speaker. Kedua Rear Speaker merupakan speaker system 2 muka; sisi depan untuk memantulkan suara ke dinding depan dan sisi belakang untuk memantulkan suara ke dinding belakang. Center Speaker untuk menambah detail suara vokal/dialog. Sehingga secara total sistim tersebut membentuk sistim 5 speaker atau disebut juga sistim lima titik nol (5.0).
Oleh karena Kedua unit Rear Speaker dan Center Speaker suaranya lebih bersifat mid-high, sehingga untuk menyeimbangkan penambahan Rear & Center Speaker ini, mutlak diperlukan Subwoofer System yaitu suatu sistim speaker yang khusus membangkitkan suara berfrekwensi rendah. Untuk kebutuhan ini kami telah menyediakan Active Super Subwoofer type ASW-250. Spesifikasi lengkap dari ASW-250 dapat dilihat pada website ini. Sehingga total menjadi sistim 6 speaker atau disebut juga sistim lima titik satu (5.1). Satu mewakili subwoofer.
Oleh karenanya untuk lebih meningkatkan kwalitas suara JAD-410, dapat dilengkapi dengan Pro Theatre Surround System, RSA-899 dan Active Super Subwoofer, ASW-250.Sehingga sistim ini akan mampu untuk mensimulasikan keadaan suara yang sebenarnya.

_________________________________

 

Kesan Terhadap Situs & Produk

Website ini sangat baik karena dapat membantu pelanggan untuk berkomunikasi dengan produsen secara langsung. Saya  puas dengan produk yang saya beli yaitu JAD-410 sejak tahun 1995

Soeminto R. Tabri (19 Mei 2001)
Raya Pd. Gede, Bekasi.

Jawaban: Terima kasih atas masukan Bapak atas website JTB dan kami sangat bersyukur bahwa Bapak puas dengan produk JTB. Semoga kita sanggup membuat JTB sebagai perusahaan kebanggaan Indonesia dibidang teknologi.

_________________________________

 

Manfaat Subwoofer

Manfaat apa yg didapat dengan penambahan pemakaian subwoofer pada system yang sudah kami pakai saat ini (JAD410 4way spk dan JSA899) ?

HR. Patah (20 Mei 2001)
Sunter Podomoro, Jakarta Utara.

Jawaban: Dalam kenyataannya dari hasil survey ternyata umumnya speaker system diletakkan di ruangan terbuka (tidak khusus didalam ruangan). Dengan ruangan terbuka tsb, tekanan suara (sound pressure level) menjadi berkurang terutama pada spektrum frekwensi rendah (bass). Untuk mengkompensasi keadaan tersebut agar frekwensi response dari speaker system dapat menjadi flat/rata kembali maka dibutuhkan suatu speaker system yang khusus mereproduksi suara berfrekwensi rendah yang disebut Subwoofer dan JTB mempunyai subwoofer yang disebut Super Active Subwoofer, ASW-250 yang dapat Bapak lihat di website JTB ini.
 
Penyebab lain diciptakannya subwoofer adalah untuk mengkompensasi surround system. Produk JTB, JAD-410 yang sekarang Bapak pakai sebenarnya sudah mempunyai response yang flat dari 20 Hz - 20kHz. Tetapi karena JAD-410 sekarang pemakaiannnya digabung dengan surround system, sehingga adanya penambahan speaker center dan 2 buah speaker rear, maka response secara total menjadi tidak flat atau kita akan terasa kekurangan pada frekwensi rendah atau bass. Speaker center dan rear adalah speaker yang menghasilkan suara dari frekwensi menengah (mid frequency) ke frekwensi tinggi (high frequency/treble).
Oleh karenanya bila suatu speaker system digabung dengan surround system, maka akan terasa kekurangan bass. Sehingga sekarang suatu speaker system yang digabung dengan/memakai surround system, mutlak ditambah subwoofer. Oleh karenanya surround system saat ini disebut system 5.1 (lima titik satu) dan tidak pernah lagi system 5.0. Angka 5 menunjukkan jumlah speaker yaitu speaker front (2 unit, L & R), speaker rear (2 unit, L & R) dan speaker center (satu unit). Angka 1 menunjukkan speaker subwoofer (satu unit).
System yang Bapak miliki sekarang baru system 5.0 dan disarankan menambah ASW-250 sehingga systemnya menjadi system 5.1 dan kwalitas suara yang Bapak dapatkan menjadi optimal.

_________________________________